karakteristik Puisi

selamat sore... :)
disini saya akan sedikit berbagi kepada teman-teman bloger diseluruh dunia, berkaitan dengan karakteristik pada puisi. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa puisi merupakan salah satu karya sastra lama yang semakin berkembangnya jaman semakin sedikit pula yang mengetahui tentang bagaimamana karakteristik puisi yang ada,. Namun sebelum kita lebih jauh lagi mengenal karakteristik puisi, ada yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Yaitu pembagian puisi itu sendiri, puisi dibagi menjadi dua antara lain :
1. Puisi Lama
2. Puisi Baru
Diantara kedua Puisi tersebut terdapat perbedanan-perbedaan yang harus kita ketahui juga. :)
Pertama Puisi Lama merupakan karya sastra yang terbentuk dari adat istiadat orang-orang dahulu. contohnya seperti : Pantun, Gurindam, Syair dan juga Thalibun
Kedua Puisi Baru Merupakan bentuk dari perkembangan puisi lama yang dibentuk dengan sedemikian rupa, Namun tidak merubah isi dari puisi tersebut. dalam kata lain masih memperhatikan nila-nilai yang ada pada puisi itu sendiri, Contohnya : Puisi Kemerdekaan, Puisi Cinta, Puisi Semangat dan masih banyak lagi yang tergolongkan dalam katagori puisi Baru.

>>>> Dari sinilah kita dapat sedikit memahami tentang karakteristik dari puisi, yaiutu dengan memperhatikan masing-masing dari perbedaan puisi lama dan puisi baru. :)

oke mungkin cukup disini dulu yang dapat saya sampaikan. terimakasih sampai jumpa ;)

Komentar

Postingan Populer